Monday, September 20, 2010

Situs Candi Wurung

Lokasi situs :
Lokasi dari Situs Candi ini berada di Dsn.Candi, Ds.Menoreh, Kec.Salaman, Kab.Magelang. Penduduk menyebut situs ini dengan nama Candi Wurung yg artinya candi yg rusak atau belum jadi. Lokasi situs ini berada di tengah sawah yg oleh penduduk dikeramatkan.

Di lahan ini terpendam pondasi candi dari batu bata yg berbentuk hexagonal
Sawah lokasi situs candi wurung

Sejarah Penemuan :
Situs ini diketemukan secara tidak sengaja oleh seorang petugas dari purbakala yg kebetulan tinggal di daerah tersebut sekitar tahun 90an. Beliau secara tidak sengaja menemukan sebuah batu yg mirip fragmen arca, oleh beliau batu tersebut digali dan ternyata benar, batu tersebut adalah sebuah arca tanpa kepala yg berbentuk orang yg sedang duduk. Dari hasil penemuan tersebut beliau melaporkan ke pihak purbakala dan diadakan penggalian besar-besaran pada tahun 2001.
Peninggalan yg tersisa :
Dari hasil penggalian tersebut diketemukan sesuatu yg unik yaitu pondasi candi yg berbentuk hexagonal (segi 8) yg terbuat dari batu bata dikarenakan umumnya candi di Indonesia kebanyakan pondasi berbentuk bujur sangkar. Selain itu diketemukan juga 2 buah yoni, beberapa batu andesit berelief dan batu bata besar. Saat ini pondasi candi tersebut dikubur kembali dan hanya tinggal 2 buah yoni saja yg masih terlihat.

Cerat pada yoni pertama
Yoni pertama yg posisinya berdiri vertikal pada lahan pertanian
Ornamen singa yg berada di bawah cerat yoni kedua
Yoni kedua keadaannya sudah tidak utuh lagi
Kesimpulan :
Dari hasil penggalian tersebut dapat disimpulkan bahwa situs candi wurung ini adalah peninggalan Hindhu dan dahulu merupakan sebuah candi yg cukup besar.

No comments:

Post a Comment